Universitas Telkom berdiri pada tahun 2013 yang merupakan institusi pendidikan tinggi swasta di Indonesia dan gabungan dari empat perguruan tinggi. Program pendidikan jarak jauh telah diterapkan pada tahun 2013, dengan peserta didik adalah pegawai PT. Telkom atas inisiatif perusahaan. Hal inilah yang menjadi latar belakang utama dilakukan penelitian efektivitas pendidikan jarak jauh di Universitas Telkom. Program Magister Manajemen (MM) merupakan program yang paling banyak diminati dan menjadi objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan secara sensus ke setiap angkatan MM, sedangkan metode dalam pemecahan masalah menggunakan regresi linier berganda. Variabel bebas adalah Keahlian menggunakan komputer, Kegunaan yang dirasakan, Interaksi, Kehadiran sosial. Variabel terikat adalah Efektifitas pendidikan jarak jauh. Hasil perhitungan didapatkan bahwa setiap variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, mahasiswa peserta program pendidikan jarak jauh di Universitas Telkom berpendapat bahwa persentase penerapan unsur-unsur pendidikan jarak jauh berkisar 76%-88% yang berarti berada dalam kategori baik-sangat baik. Unsur-unsur pendidikan jarak jauh berpengaruh secara signifikan terhadap keefektifan pendidikan jarak jauh yang diselenggarakan oleh Universitas Telkom.