Pada metode pembelajaran saat ini guru hanya menjelaskan teorinya saja tanpa ada alat peraga, sehingga membuat siswa kurang memahami isi materi yang disampaikan. Khususnya pada mata pelajaran Teori Musik sekolah menengah kejuruan kelas X. Dengan pemanfaatan multimedia dalam dunia pendidikan yang ditujukan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru di Sekolah. Untuk itu perlu dibuat sebuah aplikasi yang dapat menjelaskan materi pelajaran teori musik dengan simulasi, visualisasi, dan evaluasi yang dapat membantu kemampuan siswa dalam memahami materi. Model pengembangan yang di gunakan pada aplikasi ini adalah model ADDIE, karena metode ini dianggap tepat digunakan apabila penelitian ditunjukan untuk aplikasi pembelajaran multimedia. Langkah-langkah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia adalah sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Aplikasi dibangun dengan pengembangan multimedia secara interaktif menggunakan Adobe Flash CS6, Adobe Ilutrator, Adobe Audition dalam pengerjaannya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X sebanyak 30 siswa. Dalam mengetahui efeksifitas aplikasi dilakukan pengujian dengan cara memberikan kuisioner untuk guru dan siswa.
Kata kunci: Aplikasi, Multimedia, Model ADDIE, Adobe Flash CS6.