Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilakukan pendeta GKPS di grup Facebook “Pandita & Teolog GKPS” dan bagaimana para pendeta menangani konflik yang terjadi akibat status-status provokatif dan komentar negatif di grup Facebook “Pandita & Teolog GKPS”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus tentang periodisasi kepengurusan GKPS 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, dan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman untuk menganalisis data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi dalam grup facebook “Pandita & Teolog GKPS” adalah pola komunikasi semua saluran sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Townsend, dimana semua anggota dapat berkomunikasi dengan setiap anggota lainnya tanpa adanya hierarki pendeta senior dan pendeta junior.
Kata Kunci : Pola Komunikasi, Manajemen Konflik, Studi Kasus, Media Sosial, Facebook