ABSTRAK
Pengembangan aktivitas wisata di Kota Bandung mendorong peningkatan pembangunan fasilitas pendukung pariwisata, pada akhirnya hal tersebut akan mendorong perkembangan fasilitas hiburan baru, Kota Bandung memiliki citra kota untuk mengekspresikan identitasnya, adapun citra Kota Bandung banyak dikenal masyarakat dengan julukan kota “Paris Van Java”. Julukan ini memeperjelas identitasnya sebagai kota wisata. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai Analisis Daya Tarik Kota Bandung sebagai Destinasi Pariwisata berdasarkan Memorable Tourism Experience, pemilihan objek penelitian disini didasarkan karena Kota Bandung adalah tempat wisata favorit di Jawa Barat. Analisis penelitian yang dimaksud terdiri dari elemen : Perceived Meaningfulness, Perceived opportunities for Encounter Authentic Local Experience, Perceived Significance, Perceived Novelty, Perceived Opportunities for Social Interaction, Perceived Local hospitality, Serendipity & Surpries, Perceived profesionalism of local guides
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampling insidental. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 400 responden yang merupakan wisatawan lokal yang berwisata ke Kota Bandung. Kesimpulan pada penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengukuran karakteristik responden menurut jenis kelamin, umur, pekerjaan, pendapatan, frekuensi berkunjung ke Kota Bandung, tujuan wisata, dan frekuensi pengukuran hasil analisa pernyataan dari 8 elemen yang terdapat pada Memorable Tourism Experience.
KATA KUNCI: Pariwisata, Memorable Tourism Experience, Bandung