Peran sumber daya manusia sangat menentukan bagi terwujudnya tujuan suatu perusahaan untuk mencari keuntungan yang optimal. Pada jaman saat ini seorang karyawan akan termotivasi jika kebutuhannya terpenuhi, jika sudah terpenuhinya kebutuhan maka akan timbul kepuasan kerja yang berdampak positif pada kinerja kerja karyawan di perusahaan.
Karyawan merupakan human capital perusahaan yang sangat berharga dan apabila dikelola dengan baik akan menghasilkan keutungan bagi perusahaan yaitu tercapainya semua tujuan yang telah ditetapkan. Kantor Perwakilan Bank Indonesia harus jeli melihat hal-hal yang bisa menimbulkan karyawan termotivasi dalam bekerja dan kinerja perusahaan meningkat seiring meningkatnya kinerja karyawan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya. Dalam penelitian ini, semua populasi dijadikan penelitian. Analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji realibilitas, dan analisis regresi linear sederhana.
Dari hasil penelitian didapat tanggapan karyawan mengenai motivasi kerja pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya termasuk kedalam kategori baik dengan persentase sebesar 75,47% dan mengenai kinerja karyawan termasuk kedalam kategori baik dengan persentase 79,58%. Berdasarkan hasil perhitungan secara parsial motivasi kerja mempengaruhi kinerja sebesar 50,7%. Variabel lain yang mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 49,3%.
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kinerja, Kantor Perwakilan Bank Indonesia