ABSTRAK
Sejalan dengan meningkatnya jumlah pengguna internet menyebabkan banyaknya perusahaan mengubah struktur belanja masyarakan berdasarkan kondisi secara online. Dampak pembelian online pada pelanggan mengarahkan perusahaan untuk memahami tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan sejauh mana konsumen merasa puas atas informasi yang tersedia pada situs penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara online pada situs Traveloka.com.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal, responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang telah melakukan reservasi tiket dan hotel pada situs Traveloka.com yang diperoleh dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepercayaan berada pada posisi angka 82,6% dengan kategori tinggi, Kualitas Informasi berada pada posisi 79,1% dengan kategori tinggi dan Keputusan Pembelian berada pada posisi 81,8% dengan kategori tinggi. Secara simultan menunjukan bahwa kepercayaan dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online sebesar 61%.. Serta secara parsial menunjukan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online sebesar 24,55%, Kualitas Informasi berengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 36,40%, Sedangkan sisanya 39% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Traveloka, Kepercayaan, Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian Online