Wheelhouse merupakan sebuah UKM yang bergerak di industri produk helm kendaraan sepeda motor yang berdomisili di kota Bandung. Akan tetapi berbagai permasalahan internal maupun eksternal selama masa produksi hingga penjualan cukup bervariasi, yang menyebabkan masalah yang cukup signifikan untuk UKM. Maka dari itu butuh gambaran dan panduan dalam rangka mengarahkan berbagai strategi penjualannya. Metode analisis model bisnis yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC). Perancangan model bisnis merupakan salah satu solusi karena dapat memetakan, merancang, dan mengarahkan komponen apa saja yang dapat mendukung segala aspek penjualan bisnis UKM Wheelhouse. Hasil dari penelitian ini sembilan komponen model bisnis UKM Wheelhouse, yaitu segmen pasar yang akan dilayani UKM Wheelhouse. Proposisi nilai yang tawarkan ialah kualitas produk dan karakter merek, Saluran yang digunakan ialah media offline dan online. Sumberdaya yang harus dimiliki ialah sumber daya manusia, fisik, dan intelektual. Mitra yang bekerjasama ialah penyedia bahan baku dan vendor produksi. Beberapa kegiatan utama UKM ialah proses produksi, pemasaran, dan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis lainnya.
Kata Kunci— Model Bisnis Kanvas,UKM