Dalam dunia e-commerce, tidak hanya layanan saja yang berpengaruh kepada kepuasan pelanggan, namun juga bagaimana suatu sistem dan informasi dapat membantu pelanggan dalam melakukan keputusan pembelian. Konsumen digital Indonesia membaca ulasan dan mencari informasi mengenai produk dan jasa secara online karena mereka memandang internet sebagai sarana untuk mengecek produk/jasa dan memberikan informasi sebelum mereka melakukan pembelian. Menurut hasil riset Nielsen, keamanan informasi personal tetap menjadi kekhawatiran utama, selain itu adanya kesulitan dalam penggunaan situs e-commerce yang dianggap membingungkan pengguna. Blibli.com bergerak di bidang situs commerce atau perdagangan secara online yang ada di Indonesia sejak tahun 2011. Blibli.com menjual pelayanannya dengan tujuan memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan serta pengaruh kepuasan pelanggan tersebut terhadap loyalitas pelanggan situs commerce Blibli.com.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian desain riset kausal. Metode analisis data yang digunakan dalam yaitu menggunakan analisis deskriptif dan path analysis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan syarat pernah berbelanja online melalui situs Blibli.com. Jumlah sampel yang dikumpulkan dan telah memenuhi syarat adalah sebesar 385 responden.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan, serta membuktikan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.