Tugas akhir ini membahas tentang simulasi aliran fluida tiga dimensi yang dibangkitkan oleh dam break ketika menghantam objek-objek diam. Objek-objek diam tersebut merupakan representasi dari penahan gelombang di pesisir atau pinggir pantai. Simulasi ini menggunakan metode Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) yang berjalan pada program DualSPHysics. Kemudian hasil dari DualSPHysics divisualisasikan dengan software Blender untuk menghasilkan simulasi yang mendekati real. Dalam simulasi ini terdapat tiga skenario dengan bentuk objek diam yang berbeda-beda, yaitu trapezoid, silinder, dan bola. Dengan ketiga bentuk objek yang berbeda-beda, kecepatan aliran fluida pada saat menghantam objek diam dianalisis. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kecepatan maksimum di titik (0.754, 0.31, 0.06) untuk objek diam trapezoid, bola, dan silinder berturut-turut adalah 2.20 m/s, 2.26 m/s, dan 2.31 m/s. Objek diam trapezoid menghasilkan penurunan kecepatan aliran fluida yang paling signifikan sehingga bentuk trapezoid cocok digunakan sebagai penahan gelombang jika dibandingkan dengan bentuk bola dan silinder.
Kata kunci : metode SPH, dam break, aliran fluida, simulasi 3D