Analisis Ancaman Phishing Dalam Layanan Online Banking

IKHSAN RADIANSYAH

Informasi Dasar

384 kali
16.04.1459
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Phishing merupakan ancaman yang menggunakan teknik rekayasa sosial yang mengelabui pengguna dengan cara menyamar sebagai entitas yang resmi untuk mendapatkan informasi sensitif pengguna. Industri Perbankan menjadi salah satu sasaran dari phishing. Melalui penelitian ini faktor-faktor penyebab munculnya phishing dan pencegahan terhadap ancaman phishing dijelaskan melalui metode Systematic Literature Review. Metode Systematic Literature Review dipakai untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penelitian tersebut dengan mencari studi-studi yang berhubungan dengan topik penelitian (ancaman phishing pada layanan online banking) dan melakukan narrative synthesis atas temuan tersebut. Pengetahuan pengguna yang minim, psikologis pengguna dan privasi social networking services pengguna dinilai sebagai faktor-faktor penyebab phishing. Edukasi terhadap pengguna mengenai ancaman kejahatan siber, pencegahan pada tingkat e-mail, penggunaan perangkat lunak anti-phishing, dan implementasi sistem kata sandi sekali pakai pada layanan perbankan merupakan pencegahan efektif pada ancaman phishing. Pengguna (nasabah) harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai ancaman kejahatan kriminal khususnya phishing dan Bank mempunyai tanggung jawab untuk memberikan edukasi terkait ancaman yang dapat merugikan pengguna. Kata kunci : Phishing, Cyber Crime, Fraud, Online Banking, Information Security.

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

Analisis Ancaman Phishing Dalam Layanan Online Banking
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IKHSAN RADIANSYAH
Perorangan
Yudi Priyadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini