Phishing merupakan ancaman yang menggunakan teknik rekayasa sosial yang mengelabui pengguna dengan cara menyamar sebagai entitas yang resmi untuk mendapatkan informasi sensitif pengguna. Industri Perbankan menjadi salah satu sasaran dari phishing. Melalui penelitian ini faktor-faktor penyebab munculnya phishing dan pencegahan terhadap ancaman phishing dijelaskan melalui metode Systematic Literature Review. Metode Systematic Literature Review dipakai untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penelitian tersebut dengan mencari studi-studi yang berhubungan dengan topik penelitian (ancaman phishing pada layanan online banking) dan melakukan narrative synthesis atas temuan tersebut. Pengetahuan pengguna yang minim, psikologis pengguna dan privasi social networking services pengguna dinilai sebagai faktor-faktor penyebab phishing. Edukasi terhadap pengguna mengenai ancaman kejahatan siber, pencegahan pada tingkat e-mail, penggunaan perangkat lunak anti-phishing, dan implementasi sistem kata sandi sekali pakai pada layanan perbankan merupakan pencegahan efektif pada ancaman phishing. Pengguna (nasabah) harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai ancaman kejahatan kriminal khususnya phishing dan Bank mempunyai tanggung jawab untuk memberikan edukasi terkait ancaman yang dapat merugikan pengguna.
Kata kunci : Phishing, Cyber Crime, Fraud, Online Banking, Information Security.