Saat ini di Indonesia, perkembangan UKM tumbuh pesat dan terus mengalami kemajuan, pertumbuhan ini juga terjadi pada perkembangan wanita pengusaha. Wanita pengusaha di Indonesia selalu mengalami peningkatan sebesar 8% tiap tahunnya. Saat ini jumlah wanita pengusaha di Kota Bandung sendiri hingga tahun 2014 tercatat ada 249 UKM yang terdaftar sebagai anggota IWAPI kota Bandung, yang terdiri dari 57 usaha kuliner dan 192 usaha non kuliner seperti fashion, kerajinan, konsultan, percetakan dan lain nya. Dalam mejalankan sebuah bisnis sendiri perlu adanya motivasi yang nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja para wanita pengusaha itu sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi berpengaruh terhadap kinerja para wanita pengusaha dan seberapa besar pengaruh tersebut.
Selain itu dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat pengolahan data menggunakan uji F (Simultan) untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara motivasi dan kinerja, serta menggunakan koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh motivasi terhadap kinerja para wanita pengusaha.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa motivasi berpengaruh terhadap kinerja para pengusaha UMKM wanita di Kota Bandung. Sedangkan untuk koefisien determinasi menunjukan bahwa motivasi memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kinerja para pengusaha UMKM wanita di Kota Bandung.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja para wanita pengusaha dan pengaruh tersebut sangat besar. Dengan adanya hal ini diharapkan para wanita pengusaha terus meningkatkan kinerja mereka dalam membangun bisnis dan terus memiliki motivasi yang besar untuk maju dan bersaing.