ABSTRAK
Sebagai salah satu perusahaan BUMN, Garuda Indonesia pernah melewati
“masa kelam” karena terlanjur nyaman dengan bantuan pemerintah. Lemahnya
manajemen organisasi yang tidak memperhatikan orientasi pasar saat itu membuat
Garuda Indonesia diambang merugi besar-besaran. Keadaan ini membuat Garuda
ingin berbenah dan berjuang dalam memperbaiki diri melalui manajemen
konsumen, salah satunya social CRM. Social CRM merupakan salah satu cara
pengaplikasian CRM pada perusahaan dalam mempertahankan pelanggan
menggunakan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari faktor-faktor yang menjadi kekuatan PT. Garuda Indonesia dalam menjalankan aktivitas
social CRM melalui media sosial twitter @IndonesiaGaruda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode
kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah followers akun
twitter @IndonesiaGaruda dengan total sampel yang diteliti berjumlah 400
followers. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling
dengan tipe judgemental sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini melalui data primer dan data sekunder dengan teknik analisis data
menggunakan teknik analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 1 komponen baru yang
membentuk social CRM pada PT. Garuda Indonesia yang mewakili faktor-faktor:
listening, responding, connecting, collaborating, reciprocity, transparency,
consistency, dan engagement in a true corporate approach* yang mampu membuat
perusahaan dapat mempertahankan pelanggan. Berdasarkan loading factor yang
dihasilkan, faktor consistency menjadi faktor yang paling dominan yang menjadi
kekuatan PT. Garuda Indonesia dalam menjalankan aktivitas social CRM, artinya
PT. Garuda Indonesia selalu konsisten untuk aktif mengajak followers berinteraksi,
konsisten dalam memberi tanggapan dan konsisten dalam menyelesaikan masalah.
Kata kunci: Social CRM, Customer Relationship Management, Twitter, Analisis Faktor.