Proses Komunikasi Instruksional Dalam Pendidikan Nonformal Pada Remaja di Karisma Learning Centre Institut Teknologi Bandung

ANNISA ULIA FATHIN

Informasi Dasar

111 kali
16.04.1546
371.102 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Seluruh kegiatan manusia dimanapun berada, selalu berhubungan dengan komunikasi, begitu juga alam dunia pendidikan. Karisma Learning Centre (yang biasa disingkat KLC) adalah sebuah divisi yang berada di bawah naungan Karisma ITB yang membina remaja, khususnya dalam bidang akademik untuk mewujudkan “Remaja yang Cerdas dan Berakhlak Mulia Menuju Generasi Rabbani”. Pada KLC tentu terdapat komunikasi didalmnya, khususnya komunikasi instruksional. Penelitian ini meneliti proses komunikasi instruksional antara pengajar dan adik ajar di KLC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spesifikasi isi dan tujuan, perilaku mula-mula serta strategi yang dilakukan pengajar dalam kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma penelitian fenomenologi dan interaksi simbolik sebagai teori yang mendampingi paradigma penelitian. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mendalam, spesifikasi isi dan tujuan mengajar ditentukan sendiri oleh pengajar, pengukuran perilaku mula-mula didasarkan pada pemahaman adik pada konsep dasar setiap materi dan selanjutnya mempengaruhi strategi yang akan ditetapkan dalam mengajar berdasarkan tingkat pemahaman adik ajar tersebut. Oleh karena itu dalam setiap kegiatan belajar baik adik ajar maupun pengajar dituntut secara aktif dan interaktif dalam berkomunikasi satu sama lain.

Kata Kunci : Komunikasi Instruksional, Pendidikan Nonformal, Remaja

Abstrak

Seluruh kegiatan manusia dimanapun berada, selalu berhubungan dengan komunikasi, begitu juga alam dunia pendidikan. Karisma Learning Centre (yang biasa disingkat KLC) adalah sebuah divisi yang berada di bawah naungan Karisma ITB yang membina remaja, khususnya dalam bidang akademik untuk mewujudkan “Remaja yang Cerdas dan Berakhlak Mulia Menuju Generasi Rabbani”. Pada KLC tentu terdapat komunikasi didalmnya, khususnya komunikasi instruksional. Penelitian ini meneliti proses komunikasi instruksional antara pengajar dan adik ajar di KLC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spesifikasi isi dan tujuan, perilaku mula-mula serta strategi yang dilakukan pengajar dalam kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma penelitian fenomenologi dan interaksi simbolik sebagai teori yang mendampingi paradigma penelitian. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mendalam, spesifikasi isi dan tujuan mengajar ditentukan sendiri oleh pengajar, pengukuran perilaku mula-mula didasarkan pada pemahaman adik pada konsep dasar setiap materi dan selanjutnya mempengaruhi strategi yang akan ditetapkan dalam mengajar berdasarkan tingkat pemahaman adik ajar tersebut. Oleh karena itu dalam setiap kegiatan belajar baik adik ajar maupun pengajar dituntut secara aktif dan interaktif dalam berkomunikasi satu sama lain.

Kata Kunci : Komunikasi Instruksional, Pendidikan Nonformal, Remaja

Subjek

Communication in education
 

Katalog

Proses Komunikasi Instruksional Dalam Pendidikan Nonformal Pada Remaja di Karisma Learning Centre Institut Teknologi Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA ULIA FATHIN
Perorangan
Roro Retno Wulan, Ayub Ilfandy Imran
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini