ABSTRAK
Mobile mini drama dari Line merupakan sebuah mini seri yang mengkisahkan tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya dalam sebuah cerita bergenre drama. Mobile mini drama dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan hiburan yang dapat dinikmati kapan saja, dimana saja secara gratis hanya dengan menggunakan gadget. Akan tetapi, fakta dibalik adanya mobile mini drama yang notabenenya dapat dinikmati secara gratis mampu membawa keuntungan yang besar dari segi ekonomi untuk media Line. Peneliti tertarik untuk meneliti fenomena ini dikarenakan peneliti mengidentifikasi bahwa telah terjadi proses komodifikasi dan ingin mengetahui seperti apa bentuk komodifikasi tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk komodifikasi isi pesan Mini Drama Line “Nic and Mar”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika untuk menganalisis objek yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske yaitu “The Codes of Television”.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam mini drama ini dibentuk berdasarkan aspek visual dan audio dan menjadi sebuah tontonan, namun tanda-tanda yang ada di dalamnya diolah menjadi sebuah produk sehingga scene dalam mini drama ini dibentuk menjadi komoditas. Perubahan fungsipun terjadi, alur cerita yang berguna sebagai bagian pembentuk cerita mini drama ini kini juga berfungsi sebagai alat tukar.
Kata kunci : Komodifikasi, Semiotika, Kode-Kode Televisi