Maraknya berbagai iklan provider yang menawarkan akses kemudahan internet memicu pertumbuhan penggunaan media sosial yang semakin tak terbatas dapat menimbulkan kejahatan siber. Melihat fenomena dan peluang tersebut, Telkomsel Loop merepresentasikan sebuah iklan bertema digital campaign dengan pesan Jangan Asal Internetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam iklan tersebut menggunakan metode semiotika visual dan mengetahui bagaimana pengaruh pesan terhadap tingkat kewaspadaan pengguna media sosial dengan menggunakan pendekatan facet model of effect. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, kuesioner, obervasi, dan studi literatur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Makna pesan yang terkandung dalam iklan Telkomsel Loop tersebut menyampaikan pesan yang mendidik yaitu pamer berujung sial yang merepresentasikan tren media sosial masa kini. (2) Pengaruh pesan iklan Telkomsel Loop tersebut sampai pada tahap memahami maksud pesan, sehingga audiens memahami pesan iklan tersebut. Bahkan banyak audiens yang tidak mengganti channel mereka saat iklan ini sedang diputar maupun ditayangkan.
Kata kunci : Telkomsel Loop, Media Sosial, Pengaruh Pesan.