ABSTRAK
PERANCANGAN PROMOSI MUSEUM BASOEKI ABDULLAH DI JAKARTA
Pariwisata merupakan salah satu kebutuhan sekunder manusia untuk sejenak melepaskan penat atas apa yang di alami dalam kehidupan sehari - hari, tidak terkecuali masyarakat kota jakarta. Menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, DKI Jakarta merupakan salah satu destinasi pariwisata yang di minati dengan memiliki angka 30 juta pengunjung lokal per tahun. Berbagai macam tempat menarik dan unik di miliki kota Jakarta sebagai daya tarik pariwisata antara lain peninggalan sejarah, seni budaya, dan berwujud museum. Jakarta memiliki sedikitnya terdapat 66 museum dan sekitar 100 galeri yang dapat di jamah oleh pada wisatawan, dan salah satunya adalah Museum Basoeki Abdullah yang terletak di Jl. Keuangan Raya No. 19 Cilandak Barat.
Fenomena yang terjadi saat ini ialah kurangnya minat remaja akan museum sedangkan banyak sekali yang akan mereka dapatkan dengan berkunjung ke museum selain sebagai hiburan museum juga dapat menjadi wisata edukasi. Menurut The Six Pillars Character yang di hitung oleh Character Counts Coalition bahwa masa remaja wajib memiliki 6 pilar karakter antara lain kepercayaan diri, keadilan, peduli, menghormati, kewarganegaraan, dan tanggung jawab. Sosok Bapak Basoeki Abdullah merupakan sosok Seniman yang berani berkarya dan berkualitas, memiliki banyak karya seni yang patut di apresiasi. Dengan melakukan kunjungan ke Museum Basoeki Abdullah para remaja di harapkan dapat lebih paham akan diri mereka sendiri dan dapat mengadaptasi beberapa sifat positif dari Bapak Basoeki Abdullah serta menjadi pacuan akan masa depan mereka.
Kata Kunci : Museum Basoeki Abdullah Jakarta, Museum, Aplikasi, Remaja