PT. Sampoerna Jaya Sentosa (PT. SJS) merupakan perusahaan manufaktur level menengah yang berfokus dibidang tekstil. Dalam menjalankan setiap kegiatannya, PT.SJS masih menerapkan sistem semi-manual, dimana hampir seluruh proses bisnis yang ada masih dilakukan dengan menggunakan kertas atau paperbased untuk memenuhi kebutuhan informasi dari setiap proses bisnisnya. Hal itu membuat sering terjadinya salah pencatatan dan sulitnya untuk mendokumentasikan setiap transaksi yang dilakukan. Pada kegiatan pembelian, keterlambatan kedatangan barang dari supplier kerap terjadi pada proses pembelian di PT. SJS dan menyebabkan proses produksi menjadi kurang efisien.
Odoo merupakan aplikasi ERP opensource yang menyediakan solusi kegiatan pembelian berupa modul purchase management. Dengan sifatnya yang opensource, penyesuaian dan konfigurasi dapat disesuaikan dengan karakteristik permasalahan yang ada di PT. SJS. Pada penelitian ini pengembangan sistem ERP Odoo dilakukan dengan menggunakan metode ASAP (Accelerated SAP) karena sifatnya yang lebih efisien terhadap waktu dan minimumnya biaya yang dikeluarkan dibanding dengan metode lainya.
Pengembangan sistem ERP purchase management dilakukan dengan menganalisis proses bisnis saat ini dan proses bisnis pada sistem ERP Odoo. Untuk selanjutnya dilakukan analisis GAP dan Fit sebagai dasar pembuatan proses bisnis usulan yang telah disesuaikan dengan sistem.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah aplikasi ERP Odoo yang dapat mendukung jalannya kebutuhan informasi pada setiap proses bisnis di PT. SJS sehingga setiap transaksi yang dilakukan bagian pembelian dapat terdokumentasi dengan baik. Selanjutnya terciptanya laporan pembelian yang dapat memberikan laporan evaluasi supplier dan terciptanya integrasi antara divisi pembelian dengan divisi yang memiliki keterkaitan dengan divisi pembelian.