Pemula dapat mempelajari teknik - teknik dasar bola basket. biasanya pemula memerlukan pelatih atau seorang yang dapat mengajarkan teknik-teknik dasar bola basket. Namun, permasalahannya tidak semua pemula dapat mempunyai pelatih. Sehingga para pemula yang tidak mempunyai pelatih akan mengalami kesulitan mempelajari teknik-teknik dasar olahraga bola basket. Penelitian aplikasi ini bertujuan visualisasi cara mempelajari teknik dan gerakan dasar olahraga permainan bola basket.
Model pengembangan yang digunakan pada aplikasi ini adalah model Prototype, karena metode ini dianggap tepat digunakan apabila penelitian ditujukan untuk aplikasi pembelajaran multimedia. Langkah-langkah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia adalah sebagai berikut: (1) Communication, (2) Quick plan, (3) Modeling Quick Design, (4) Contruction of Prototype, (5) Deployment, Delivery & Feedback. Aplikasi dibangun dengan pengembangan multimedia secara interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 dan tools pendukung lainnya.
Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi pembelajaran olahraga basket berbasis multimedia untuk simulasi gerakan dasar. Simulasi gerakan dasar adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya. Aplikasi pembelajaran olahraga basket mempunyai empat menu gerakan dasar. Empat menu gerakan dasar terdapat di awal menu. Setiap menu yang ada awal menu dapat memvisualisasikan setiap gerakan dasar pada pembelajaran olahraga basket. Pengguna dapat memahami setiap gerakan dasar olahraga bola basket.
Kata Kunci: Aplikasi, Olahraga Basket, Multimedia.