Sumber daya manusia adalah kunci untuk memenangkan persaingan global. Oleh karena itu perlu ada upaya-upaya sistematis dan strategis dalam mengelola sumber daya manusia di industri. Salah satu indikator untuk menentukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam suatu perusahaan adalah melalui kepuasan kerja. Kepuasan kerja mengukur sejauh mana pekerja puas dengan pekerjaan mereka dan kehidupan kerja sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di PT. Wilmar Nabati Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, yaitu wawancara, kuesioner, jurnal dan buku-buku penunjang.
Sampel pada penelitian ini adalah 138 orang karyawan PT. Wilmar Nabati Indonesia yang dihitung berdasarkan teknik sampling simple random sampling. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor.
Kepuasan kerja karyawan diukur melalui penyebaran kuesioner dengan 31 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan di PT. Wilmar Nabati Indonesia termasuk dalam kategori rendah yaitu 40,4%. Untuk hasil analisis faktor diperoleh 6 faktor yang mempengaruhi kepuasan karyawan, antara lain supervision satisfaction (9,191), communication satisfaction (3,431), reward satisfaction (2,695), co-workers satisfaction (1,784), benefit satisfaction (1,436), dan recognition through performance satisfaction (1,314).
Kata Kunci: kepuasan kerja, perilaku organisasi, analisis faktor