Banyaknya persaingan dalam Perguruan Tinggi penyedia Program Magister Teknik Informatika membuat Universitas Telkom menyediakan program ini. Universitas Telkom merupakan Perguruan Tinggi baru yang menyediakan Program Magister Teknik Informatika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kelemahan dan keunggulan untuk memperbaiki posisi agar target jumlah mahasiswa dapat terpenuhi. Positioning dalam penelitian ini menggunakan metode Multidimensional Scalling yang akan menghasilkan perceptual map.
Melalui perceptual map dilakukan pemetaan positioning dari delapan Perguruan Tinggi penyedia Magister Teknik Informatika terhadap sebelas atribut yang terdiri dari 2 atribut Learning Outcomes , 2 atribut Responsiveness, 2 atribut Infrastructure, 3 atribut Personality Development dan 2 atribut Academics. Tiga atribut utama yang dimilliki oleh Program Magister Teknik Informatika Universitas Telkom adalah Dosen pada Program Studi mampu menyampaikan materi bahan ajaran dengan baik, Staff memberikan layanan administrasi akademik dengan baik dan Kelengkapan fasilitas akademik (laboratorium, ruang kelas, proyektor, perpustakaan) pada Progam Studi. Selain itu, terdapat tiga atribut yang menjadi kelemahan utama, yaitu adanya penghargaan dari Program Studi bagi Mahasiswa berprestasi, kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dan ketersediaan beragam jalur beasiswa untuk membantu Mahasiswa pada Program Studi.
Rekomendasi yang diusulkan pada penelitian ini bedasarkan atribut yang menjadi kelemahan Magister Teknik Informatika Universitas Telkom, serta atribut tersebut dapat menunjang tujuan positioning dari Magister Teknik Informatika Universitas Telkom.
Kata Kunci: Positioning, Perceptual Map, Multidimensional Scaling, Magister Teknik Informatika Universitas Telkom