Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang sudah menerapkan berbagai
teknologi. Untuk melakukan pembelajaran pun sudah dilakukan dengan bantuan
aplikasi. Salah satunya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keinginan
belajar bagi siswa dan siswi. Meningkatkan pemahaman dan keinginan belajar
merupakan suatu masalah dalam dunia pendidikan. SD Ar-Rafi adalah salah satu
sekolah dasar yang berada di bandung yang bergerak di bidang pendidikan. Pada
studi kasus yang diambil di SD Ar-Rafi’ Bandung, cara penyampain materi mengenai
sistem sirkulasi darah pada manusia saat ini adalah dengan menggunakan buku
pengantar. Dampaknya adalah siswa cenderung bosan saat mempelajari materi
mengenai sistem sirkulasi darah pada manusia karena materi yang disajikan lebih
berbentuk teks saja. Oleh karena itu, akan dibangun sebuah aplikasi pembelajaran
berbasis multimedia ini yang dapat mengatasi masalah tersebut dengan bantuan
aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Metode yang digunakan dalam
pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia ini adalah metode ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kemudian untuk
tools yang digunakan adalah Adobe Flash CS6 sebagai pengolahan animasi, Adobe
Photoshop CS6 sebagai pengolahan gambar dan Adobe Audition CS6 sebagai
pengolahan suara. Pengujian dilakukan menggunakan BlackBox Testing dan UAT
(User Acceptance Testing). Dari Kesimpulan tersebut Aplikasi Pembelajaran Sistem
Sirkulasi Darah Pada Manusia dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa
dan siswi SD Ar-Rafi’ dalam mempelajari materi mengenai Sistem Sirkulasi Darah
Pada Manusia.
Kata kunci: Aplikasi Pembelajaran, Adobe Flash CS6, SD Ar-Rafi’