APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN LITOSFER DAN PEDOSFER 3D UNTUK SISWA SMA KELAS X BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS: SMAN 1 DAYEUH KOLOT)

NURI RAHMA SURYANI

Informasi Dasar

96 kali
16.06.501
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dalam pembelajaran di kelas, guru masih menggunakan metode ceramah yang masih menjadi metode utama yang diterapkan oleh guru saat belajar didalam kelas, sehingga menjadi salah satu penyebab kurang nya siswa aktif didalam kelas. Untuk mengatasi hal itu, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang lebih interaktif, yaitu media pembelajaran yang menunjang untuk memvisualisasikan pemahaman materi tentang Litosfer dan Pedosfer dalam bentuk 3D.Untuk itu diperlukan sebuah metode pembelajaran yang lebih interaktif yaitu dengan adanya media pembelajaran yang menyediakan visualisasi dari materi yang berupa animasi 3D dan simulasi yang dapat membantu siswa dalam memahami materi. Aplikasi pembelajaran interaktif ini dibangun menggunakan Unity 3D, Blender, dan Corel Draw dalam pengerjaan nya dan menggunakan metode ADDIE. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMAN 1 Dayeuh Kolot sebanyak 20 siswa. Dalam mengetahui afektifitas aplikasi dilakukan pengujian dengan cara memberikan kuisioner untuk guru dan siswa. Dari hasil kuisioner didapatkan kesimpulan bahwa sebagian besar responden menyatakan tampilan dari aplikasi menarik, dapat menarik minat belajar, dan mampu membantu proses kegiatan belajar didalam kelas.

Kata Kunci: Aplikasi, Multimedia, Litosfer dan Pedosfer, 3 Dimensi

Subjek

INTERACTIVE MULTIMEDIA
 

Katalog

APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN LITOSFER DAN PEDOSFER 3D UNTUK SISWA SMA KELAS X BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS: SMAN 1 DAYEUH KOLOT)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURI RAHMA SURYANI
Perorangan
Robbi Hendriyanto, Ady Purna Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2016

Koleksi

Kompetensi

  • MI3104 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini