Preschool dan taman kanak-kanak merupakan bagian dari pendidikan anak usia dini yaitu dari usia 2 – 6 tahun yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh segi kepribadian anak. Proses pembelajaran sejak usia dini dapat membuat anak tidak hanya siap untuk memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut, tetapi juga siap untuk memperoleh rangsangan fisik, motorik, intelektual, emosi, dan sosial sesuai dengan usianya. Saat ini terdapat berbagai metode pembelajaran yang telah diterapkan pada tiap sekolah untuk menunjang perkembangan anak, salah satunya adalah metode Montessori. Metode Montessori adalah metode yang mampu menstimulus anak untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin, cerdas, mandiri, dan bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari. Bandung Montessori School adalah salah satu pendidikan sekolah yang menerapkan metode Montessori. Namun seiring dengan berbagai program yang disediakan di sekolah ini, ternyata program-program tersebut tidak didukung dengan fasilitas yang terdapat di sana. Sekolah tersebut mempunyai fasilitas seperti ruang kelas dan alat penunjang yang minim sehingga program kegiatan masih belum terlaksana dengan baik.Melalui prinsip pendidikan Montessori yaitu kebebasan, keindahan, keteraturan, alami, dan penggunaan alat peraga yang diterapkan ke dalam desain perancangan, diharapkandapatmenjadikan Bandung Montessori Schoolmenjadisekolah yang mempunyai fasilitas yang lengkap sesuai dengan kebutuhan anak. Hal tersebut dapat membuat mereka tumbuh dengan kreatifitas mereka sendiri, tidak kehilangan kegembiraan masa kecil mereka, memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan melalui fasilitas dan suasana yang menyenangkan sehingga membantu perkembangan fisik dan motorik anak.
(Kata kunci : Montessori, preschool,taman kanak-kanak, fasilitas, perkembangan anak)