Batik Maos merupakan salah satu jenis batik Indonesia yang berkembang di Kabupaten Cilacap. Batik ini memiliki motif khas berupa simbol peperangan yang dijadikan sebagai strategi dalam perang Diponegoro pada masa itu. Selain itu warna yang digunakan adalah warna-warna klasik. Dengan ciri khas tersebut batik Maos sangat berpotensi untuk menjadi citra daerah yang harus terus dikembangkan. Oleh karena itu, perlu adanya brand identity Rajasa Mas untuk mendukung perkembangan batik Maos di Cilacap.
Menjawab permasalah diatas, penulis menggunakan metode observasi langsung pada batik Rajasa Mas, melakukan wawancara kepada narasumber terkait serta melalui studi pustaka. Setelah memperoleh data berupa analisis logo, analisis marketing mix (4p), analisis media promosi, analisis SWOT, analisis PLC, dan analisis branding kemudian penulis melakukan perancangan brand identity untuk batik Rajasa Mas.
Tugas akhir ini diharapkan dapat membantu memperkuat brand awareness, mengembangkan dan mempertahankan potensi, eksistensi dan pencapaian dari batik Maos Rajasa Mas sebagai batik khas Cilacap.
Kata Kunci : Brand Identity, Batik, Maos, Cilacap, Rajasa Mas