Abstrak
Tcash, Dompetku, dan XL Tunai adalah e-money yang dikeluarkan oleh industri telekomunikasi di Indonesia. Bank Indonesia selaku otoritas sistem pembayaran telah meluncurkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan menggandeng pemerintah, perbankan, dan juga industri telekomunikasi. Namun, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap transaksi non tunai masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor dari UTAUT 2 yang dapat mempengaruhi minat dan penggunaan e-money yang di keluarkan oleh operator telekomunikasi di Indonesia dengan menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan SmartPLS 2.0 sebagai software statistik. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 385 orang pengguna e-money yang disebar dengan menggunakan googledocs ke tujuh kota besar di Indonesia.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Behavioral Intention dengan R² sebesar 0,62 atau 62%. Sedangkan Facilitating Conditions, Habit, dan Behavioral Intention memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Use Behavior dengan R² sebesar 0.52 atau 52%. Disamping itu, penelitian ini juga menyatakan bahwa Age terbukti memoderasi hubungan antara variabel EE->BI, FC->BI, dan H->BI. Sedangkan gender terbukti memoderasi hubungan antara variabel FC->BI dan H->BI.
Kata Kunci: Minat Penggunaan, Perilaku Penggunaan, E-money, UTAUT 2