Bandung Food Walk Festival (BFWF) merupakan sebuah rangkaian acara tahunan Milangkala Bandung Festivals dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-206 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Pada tahun sebelumnya Milangkala Bandung Festivals memiliki beberapa rangkaian acara yang disuguhkan, salah satunya Bandung Light Festival yang menjadi acara utama dan juga menjadi acara puncak perayaan HJKB. Pada tahun ini event BFWF akan menyuguhkan kuliner tradisional yang dikemas moderen dan banyak hiburan lainnya yang dapat dinikmati pengunjung. Oleh karena itu guna mendukung dan mensukseskan event BFWF dalam rangkaian acara HJKB ke-206, diperlukan perancangan identitas visual dan promosi.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan kuisioner. Dari hasil pengumpulan data dilakukan analisis data kemudian disimpulkan. Hasilnya adalah sebuah perancangan identitas visual dan promosi event BFWF yang tepat sasaran dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Identitas visual yang dibuat adalah logo event, yang akan di aplikasikan ke setiap media promosi. Sedangkan media promosi yang digunakan meliputi media cetak, media luar ruang, dan sosial media.
Diharapan perancangan ini dapat membantu kinerja program tahunan Pemkot Bandung dalam memperingati HJKB ke-206 untuk mensukseskan dan meningkatkan kualitas event BFWF.
Kata Kunci: Identitas Visual, Promosi, Acara BFWF Milangkala Bandung Festivals, HJKB.
Bandung Food Walk Festival (BFWF) is one of the annual event series on Milangkala Bandung Festivals, in order to celebrate the anniversary of Bandung City which is held by the government of Bandung City. In the previous years, Milangkala Bandung Festivals had some series of events which presented one of them is Bandung Light Festival which became the main event and also the top closing event on the HJKB celebration. This year the event BFW will be presenting the traditional culinary which modern packaging and many other entertainment which can be enjoyed by visitors. Therefore, to supports and succeed the BWF events of 206th Bandung City anniversary, visual identity and promotional design are needed.
The methods used to collect the data in this research are observations, interviews, the study of the literature, and questionnaires. The data derived from the data collections will be analyzed then the conclusion will be gained. The result is a design for the visual identity and the promotions of BFWF event which right on target and in accordance with the message. The visual identity created is the logo of the event, which will be applied to every media of promotion. The media of promotion that will be used are printed media, outdoor media, and social media.
It is expected that these design can help the progress of the annual event in order to celebrate the 206th Bandung City anniversary to succeed and increase the quality of BFWF.
Keyword: Visual Identity, Promotion, BFWF event, Milangkala Bandung Festivals, HJKB.