Saat ini jumlah pekerja di Indonesia yang sudah berkeluarga semakin bertambah, banyaknya orangtua yang sibuk bekerja menyebabkan urusan pendidikan maupun perawatan anak diserahkan pada sekolah dan pengasuh, sehingga intensitas komunikasi orangtua kepada anak berkurang. Selain itu, teknologi smartphone/tablet menjadi bentuk solusi yang diberikan oleh orangtua ketika bekerja untuk membuat anak tenang atau sibuk. Gerakan 10 Menit Membacakan Cerita untuk Anak adalah salah satu program kerja yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Gerakan ini merupakan program kerja yang belum disosialisasikan kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, guna membantu tersosialisasinya program tersebut, dibutuhkan media kampanye yang bertujuan untuk menjalin kedekatan antara orangtua dan anak serta meningkatkan perkembangan anak melalui cerita. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Dari hasil pengumpulan data dilakukan analisis data kemudian disimpulkan. Hasilnya adalah sebuah perancangan kampanye mengenai Gerakan 10 Menit Membacakan Cerita untuk Anak dan penerapan di beberapa media yang dibutuhkan.
Kata Kunci: Kampanye Sosial, Membacakan Cerita, Orang tua, Anak