Globalisasi ekonomi menyebabkan terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA menyebabkan kompetisi antar perusahaan semakin ketat. Upaya mengatasi persaingan MEA adalah dengan meningkatkan kinerja dari perusahaan itu sendiri. Pencapaian kinerja Direktorat Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. tahun 2016 mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2015. Aktivitas knowledge sharing dalam menggunakan KAMPIUN di Direktorat Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. tahun 2016 juga mengalami ketidakseimbangan antara jumlah materi yang diakses dengan jumlah unit yang tersimpan, oleh karena itu penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab penurunan yang terjadi.
Penelitian ini dilakukan pada faktor yang dapat mempengaruhi variabel kinerja (Y) di Direktorat Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. yaitu variabel knowledge sharing (X). Variabel knowledge sharing memiliki 2 dimensi penelitian yaitu knowledge donating dan knowledge collecting.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan kausal. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 86 responden yang merupakan pegawai di Direktorat Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS Version 2.1.
Hasil pengolahan data yang didapatkan dari penelitian ini adalah knowledge sharing (X) dalam penggunaan KAMPIUN berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja (Y) di Direktorat Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kinerja membutuhkan penerapan knowledge sharing yang baik, namun hasil penelitian menghasilkan bahwa penerapan knowledge sharing masih dalam kategori rendah. Hal ini perlu dibenahi misalnya mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat pada KAMPIUN dan selalu membudayakan penggunaan KAMPIUN di Direktorat Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Kata Kunci: MEA, Knowledge Sharing, Kinerja