PT Telkom selalu perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia memiliki visi “To Be The King Of Digital in the Region”. Menjadi King of Digital adalah harapan Telkom untuk bisa tumbuh secara kompetitif dan berkelanjutan (sustainable competitive growth). Untuk mewujudkan visi tersebut langkah pertama adalah mempersiapkan SDM yang capable dan memiliki kompetensi digital. Karyawan yang berdarah digital adalah karyawan yang faham tentang dunia digital, mampu dan mahir memanfaatkan dunia digital untuk mendukung kelancaran proses kerja. Karyawan juga harus mampu bertansformasi dan melakukan upgrade kompetensinya dengan kompetensi digital sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran dan analisis kesenjangan kompetensi digital yang dimiliki oleh karyawan Telkom, khususnya karyawan pada unit di subdiv Research Divisi Digital Service. Metode pengukuran adalah self assessment. Obyek survey ini adalah total populasi unit sebanyak 93 karyawan. Area kompetensi yang diukur adalah Informasi, Komunikasi, Kreasi Konten, Pengamanan dan Penyelesaian Masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagaian besar responden masih memiliki kompetensi dibawah kompetensi yang dipersyaratkan sehingga perlu penanganan lebih lanjut dalam bentuk pengembangan kompetensi.
Kata kunci :Kompetensi Digital