implementasi contact centre pada jaringan berbasis IP dengan mengintegrasikan layanan voicemail dan email

fuad prasetyo

Informasi Dasar

178 kali
111070200
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini, perkembangan layanan-layanan yang berbasis IP sudah banyak diterapkan, diantaranya VoIP, e-mail, chatting, dan lainnya. Akan tetapi, saat ini layanan tersebut masih terpisah dengan layanan lainnya. Permasalahan yang muncul kemudian bagaimana mengintegrasikan server-server dari masing-masing layanan tersebut.
Pada Tugas Akhir ini telah diimplementasikan sebuah layanan CRM (Costumer Relationship Management) untuk enterprise berupa Contact Centre. Contact Centre merupakan sentral point dari semua hubungan dengan pelanggan yang digunakan untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telepon, email, chat, sms dan media lainnya. Contact Centre tersebut dibangun dengan mengintegrasikan VoIP (Voice over Internet Protocol) server dengan E-mail (Electronic mail) server melalui interkoneksinya dengan Enum (Electronic Number Mapping) server serta dilengkapi dengan sistem informasi berupa official helpdesk website. Integrasi tersebut menghasilkan layanan baru, yaitu voice-mail to e-mail dan click to call. Layanan hasil dari implementasi tersebut yang kemudian dianalisa nilai PDD (Post Dial Delay) untuk layanan click to call dan dianalisa performansi sistem dalam menangani layanan voice-mail to e-mail.
Dari pengujian diperoleh delay proses Asterisk adalah 355.803 ms, Enum 0.701 ms, HTTP (Hyper Text Transport Protocol) request Zimbra 21.163 ms dan Router 9.808 ms. Dan nilai PDD PC to PC tanpa enum sebesar 1.151 s untuk trafik panggilan 35 call/second dan background trafik 90Mbps. Sedangkan untuk PC to PC dengan enum sebesar 1.321 s dan PC to FXS tanpa enum sebesar 0.2357 s dan dengan enum 0.2580 s. Kemampuan sistem untuk melayani layanan voice-mail adalah sebagai berikut, untuk besar file voice-mail diatas 50KB banyaknya layanan voice-mail to e-mail yang ditangani tergantung pada kemampuan Zimbra server dalam melayani pesan tiap menitnya. Sedangkan untuk besar file voice-mail lebih kecil atau sama dengan 50KB banyaknya layanan voice-mail to e-mail adalah 300 layanan tiap menit.
Contact Centre, CRM, Click to Call, Voicemail to email.

Subjek

NETWORKED ANALYSIS
 

Katalog

implementasi contact centre pada jaringan berbasis IP dengan mengintegrasikan layanan voicemail dan email
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

fuad prasetyo
Perorangan
Rendy Munady, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini