<p><font face="Arial">IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENENTU PERPINDAHAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR MENTARI SEBAGAI DASAR PERUMUSAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION</font></p>

ENDANG SULASMININGSIH

Informasi Dasar

82 kali
112010069
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tuntutan tingkat mobilitas yang semakin tinggi, membuat jumlah pelanggan telepon

seluler di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini mendorong para

provider

mengambil kebijakan dengan menyusun program-program yang memberi kemudahan dan

paket yang murah kepada pelanggan. Namun penawaran program tersebut memberikan

kemungkinan terjadi perpindahan pelanggan. Berbagai pilihan kartu yang menawarkan

keunggulan tersendiri, membuat volume penjualannya semakin besar, namun angka

diprediksikan makin tinggi. Indosat sebagai operator terbesar kedua di Indonesia dengan kartu

prabayar Mentari sebagai salah satu produknya mencatat angka

yang tertinggi yaitu mencapai rata-rata 6% pada Agustus 2004. Oleh karena itu dilakukan

penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi

perilaku perpindahan pelanggan kartu prabayar Mentari. Dari faktor tersebut akan dijadikan

dasar untuk membuat usulan program

untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan menekan tingkat

Penelitian dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran kuisioner kepada 280

responden di wilayah Bandung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah

servicebersaing untuk merebutkan pasar. Melihat kondisi seperti ini, operator GSMswitch jugachurn rate (nomor hangus)customer retention yang bisa dilakukan pihak Indosatchurn rate.

Judgemental Sampling

berdasarkan pertimbangan subyektif dari peneliti bahwa yang akan diambil dari populasi adalah

orang-orang dengan pertimbangan / ciri tertentu. Responden penelitian adalah pelanggan

telepon seluler yang pernah menggunakan layanan kartu prabayar Mentari, namun sekarang

tidak lagi. Kuisioner berisi pertanyaan lengkap yang meliputi data karakteristik responden, data

penggunaan layanan dan pertanyaan-pertanyaan khusus yang disusun berdasarkan variabelvariabel

yang telah ditemukan sebelumnya untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan

dengan alasan responden berpindah operator.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tarif, kegagalan layanan utama, dan

kompetisi, berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku perpindahan pelanggan dari layanan

kartu prabayar Mentari. Diantara variabel-variabel tersebut, variabel kompetisi merupakan

faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap perilaku perpindahan pelanggan kartu prabayar

Mentari. Sedangkan variabel respon pegawai terhadap kegagalan penyampaian jasa tidak

berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku perpindahan pelanggan. Disamping itu

perilaku berpindah layanan berpengaruh secara signifikan terhadap komunikasi

yang merupakan bentuk non probability sampling yang dipilihword of mouth

dan mencari operator lain.

Program

memperhatikan variabel yang berpengaruh secara signifikan sebagai penyebab pelanggan

Mentari berpindah layanan ke operator lain. Adapun usulannya berupa program Mentari

customer retention yang diusulkan dibuat berdasarkan hasil analisa dengan

Reward,

kualitas layanan terhadap pelanggan. Dengan usulan tersebut, diharapkan dapat

mempertahankan pelanggan dan mencegah pelanggan yang ada saat ini agar tidak berpindah ke

kompetitor serta agar mereka tetap loyal terhadap layanan kartu Mentari, sehingga dengan

demikian tingkat

perbaikan kualitas layanan jaringan, program Mentari Road Show serta perbaikanchurn rate bisa ditekan.
-

Subjek

CUSTOMER
 

Katalog

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENENTU PERPINDAHAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR MENTARI SEBAGAI DASAR PERUMUSAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENDANG SULASMININGSIH
Perorangan
Imam Haryono, Ir., MMBAT; Yati Rohayati, Ir., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini