<p><font face="Arial">USULAN STRATEGI PEMASARAN SPEEDY SEBAGAI PENDATANG BARU PASAR INTERNET DI WILAYAH PT. TELKOM DIVRE IV SEMARANG<br /> </font></p>

RATNA AYU SYA’DIAH

Informasi Dasar

225 kali
112030048
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) sebagai salah satu perusahaan

telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan Visi "To Become a Leading InfoCom Player in

the Region" senantiasa berusaha untuk memberikan layanan dan jasa terbaik bagi masyarakat

Indonesia, khususnya untuk layanan Internet, kini PT. TELKOM telah meluncurkan layanan

internet yang baru yang diberi nama Speedy. Dengan adanya layanan internet speedy ini maka

diperlukan adanya riset pasar yang efektif dalam mempertimbangkan strategi pemasaran yang

terbaik guna menghindari kegagalan pemasaran, dan memenangkan persaingan sehingga

mempertahankan dan meningkatkan pendapatan dari bisnis data dan internet.

Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan

kepada responden pelanggan TelkomNet Instan dan bukan pelanggan TelkomNet yang ada di

wilayah Semarang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 12.00 for window

yaitu dengan analisis kluster untuk penentuan segmentasinya.

Dalam penelitian ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi pasar potensial dan pasar

tersedia dari layanan speedy, yaitu pasar yang mempunyai tingkat keminatan dan mempunyai

kesiapan, yaitu kemampuan daya beli dan kemampuan akses responden terhadap layanan

Speedy. Selanjutnya dari pasar tersedia dilakukan proses segmentasi dengan menggunakan

analisis kluster. Segmen hasil proses segmentasi kemudian dianalisis untuk menentukan pasar

sasaran. Kemudian untuk memposisikan layanan dibenak konsumen pasar sasaran, dirumuskan

suatu positioning statement berdasarkan atribut layanan yang diinginkan oleh konsumen serta

kekuatan perusahaan untuk memenuhi harapan dari konsumen.

Dari hasil pengolahan data diperoleh pasar potensial sebesar 82.20% (171 orang)

dengan pasar tersedia sejumlah 89.5%(153 orang) dari pasar potensial tesebut. Proses

segmentasi menggunakan analisis kluster menghasilkan 2 segmen yaitu internet heavy user

(57%) dan internet light user (43%). Variabel-variabel yang secara signifikan yang terbentuk

adalah kecepatan akses, prosedur registrasi, kehandalan infrastruktur, kemudahan instalasi,

teknologi akses yang digunakan, kecepatan penanganan gangguan atau keluhan konsumen,

garansi produk, cara penyampaian dan kejelasan informasi, pekerjaan produktif. Karakteristik

segmen yang secara signifikan berasosiasi dengan segmen yang terbentuk adalah jenis kelamin,

usia, pekerjaan, gaji/uang saku, akses internet di warnet, rumah dan kampus/sekolah, bapak dan

anak sebagai pengguna internet di rumah, teknologi dial-up dan mengetahui speedy dari koran,

iklan TV dan spanduk/billboard. Karakteristik kedua segmen tersebut digunakan sebagai acuan

untuk menentukan pasar sasaran.

Segmen yang dipilih sebagai pasar sasaran adalah segmen 1 (internet heavy user)

sebagai pasar sasaran tunggal jangka pendek (single segment concentration) dengan

pertimbangan ukuran sampel lebih besar yaitu 57%. Sedangkan positioning dirumuskan dengan

mempertimbangkan keunggulan kompetitif, preferensi pasar terhadap Speedy serta tingkat

kepentingan dan manfaat yang diharapkan dari Speedy. Statement yang digunakan untuk

memposisikan layanan ini kepada pasar sasaran adalah

”Akses Internet Cepat”. Strategi Pemasaran, Speedy, Internet

Subjek

STRATEGI PEMASARAN
 

Katalog

USULAN STRATEGI PEMASARAN SPEEDY SEBAGAI PENDATANG BARU PASAR INTERNET DI WILAYAH PT. TELKOM DIVRE IV SEMARANG

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATNA AYU SYA’DIAH
Perorangan
Agus Ahmad Suhendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini