Saat ini kehidupan masyarakat tidak bisa dipisahkan akan kebutuhan makan. Selama
manusia itu hidup, maka pasti akan butuh makan. Tetapi pada saat ini pola hidup masyarakat
mulai bergeser, yaitu makan di rumah makan bersama keluarga atau relasi menjadi sebuah
kebutuhan. Begitu pula di kota Malang, sebagai salah satu kota pelajar, dimana mahasiswa
merupakan salah satu elemen masyarakat. Kebanyakan mahasiswa adalah perantauan,
dimana mereka tinggal sendiri atau kos. Mahasiswa yang kos kebanyakan makan di luar
rumah, tujuan mereka adalah warung atau rumah makan. Dari hasil survey yang dilakukan
dengan cara menyebarkan kuisioner dan wawancara kepada mahasiswa di kota Malang,
sebagian bsar mereka selalu makan di rumah makan, karena memang di tempat tinggal
mereka atau kos tidak ada yang menyediakan makanan.
Berdasarkan hal itu, rumah makan Saboten Shokudo yang menspesialisasikan di
bidang masakan Jepang, membidik mahasiswa sebagai pasar utama mereka. Berdasarkan
pengamatan, masakan Jepang selalu diasumsikan sebagai makanan ekslusif yang sudah tentu
harganya mahal. Tetapi memang belum ada di kota Malang, rumah makan masakan Jepang
yang harganya murah atau terjangkau oleh mahasiswa. Sehingga rumah makan Saboten
shokudo adalah rumah makan pertama yang membawa konsep masakan Jepang dengan harga
yang sangat terjangkau oleh mahasiswa di kota Malang.
Pengumpulan data pada aspek pasar dilakukan melalui survey dengan cara menyebar
instrument penelitian berupa kuisioner untuk mengetahui profil dan minat calon konsumen
terhadap rumah makan Saboten Shokudo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah teknik convenience sampling. Untuk pengujian dari aspek teknis dan keuangan
digunakan data sekunder yang diperoleh dari rumah makan Saboten Shokudo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk rumah makan Saboten
Shokudo 81,6%, yang diperoleh berdasarkan pada tingkat keminatan responden terhadap
produk rumah makan Saboten Shokudo. Untuk pasar tersedia didasarkan pada variabel
tingkat kemampuan, daya beli terhadap produk rumah makan Saboten Shokudo, yakni
sebesar 87,25 % dan untuk pasar sasaran adalah 11%. Selain itu dihasilkan juga peramalan
demand rumah makan Saboten Shokudo untuk 5 tahun (20 triwulan) kedepan. Sedangkan
hasil penelitian dari aspek teknis adalah dibuatnya rancangan berdasarkan estimasi demand
rumah makan Saboten Shokudo. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan menurut parameter
penilaian investasi, maka rumah makan Saboten Shokudo ini layak direalisasikan dengan
nilai NPV Rp. 30.188.510, IRR 28% dan PBP 3,79 tahun.
Rumah makan Saboten Shokudo, Pasar, Keuangan, Kelayakan.