Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) merupakan salah satu penyedia
pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi, IT Telkom turut
berperan besar terhadap kemajuan pembangunan negara. Oleh karena itu, penjaminan
mutu layanan pendidikan merupakan sesuatu yang penting diterapkan. Penerapan sistem
penjaminan mutu di IT Telkom telah dimulai dari tahun 2002 hingga sekarang. Namun,
masih ditemukan beberapa kekurangsesuaian perancangan sistem tersebut dengan standar
yang dikeluarkan oleh Dikti terutama pada sistem SPME dan PDPT yang tidak
terintegrasi dengan baik sehingga diperlukan perancangan ulang SPMI IT Telkom yang
mengakomodasi kedua sistem komponen SPMPT tersebut.
Dalam merancang Sistem Penjaminan Mutu IT Telkom, data yang digunakan
antara lain data eksisting; data benchmarking dari Sistem Penjaminan Mutu UII, UGM,
dan UBINUS; standar Akreditasi Program Studi dan Institusi; serta klausul ISO
9001:2008. Setelah didapatkan data tersebut, dilakukan analisis SWOT untuk
menganalisis kondisi existing penjaminan mutu IT Telkom. Analisis yang selanjutnya
dilakukan adalah analisis benchmarking dengan mengacu pada hasil analisis SWOT
sehingga didapatkan rancangan yang sesuai dengan kebutuhan IT Telkom. Hasil
benchmarking terdiri dari usulan struktur organisasi Bagian Penjaminan Mutu dan Siklus
Penjaminan Mutu. Integrasi antara standar akreditasi dengan klausul ISO 9001:2008
menggunakan analisis Standar Akreditasi Institusi dan Prodi serta klausul ISO
90001:2008 yang telah disesuaikan dengan IWA 2:2007 akan menghasilkan indikatorindikator
mutu yang harus dikendalikan.
Rancangan yang diusulkan yaitu (1) Struktur organisasi Bagian Penjaminan Mutu
baik secara struktural maupun fungsional mutu dengan melibatkan peran dari masingmasing
Fakultas yang ada di IT Telkom. (2) Siklus Penjaminan Mutu yang disesuaikan
dengan model PDCA berbasis ISO 9001:2008 demi tercapainya continuous improvement.
(3) Indikator mutu yang terdiri dari butir-butir mutu yang terintegrasi antara standar
Akreditasi dan persyaratan ISO 9001:2008 beserta dokumen yang dipersyaratkan dari
kedua standar mutu tersebut. Rancangan ini bertujuan untuk menjamin mutu IT Telkom
baik dari segi akademik maupun non akademik sehingga dapat mewujudkan kondisi IT
Telkom yang lebih baik. Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Benchmarking