Persaingan pasar saat ini mulai semakin keras. Butuh strategi yang akurat dan
cermat untuk dapat memenangkan persaingan. Strategi-strategi tersebut biasanya
lebih baik jika didapat dari pakar pemasaran yang telah paham benar dengan
keadaan pasar. Sayangnya, harus ada waktu, tenaga dan biaya yang besar untuk
dapat menemui seorang pakar. Ketidakefektifan tersebut menciptakan solusi untuk
membangun sistem pakar. Sistem pakar sendiri merupakan paket perangkat lunak
pengambilan keputusan atau pemecahan masalah yang tersimpan di komputer
yang dapat mencapai tingkat performa yang setara atau bahkan lebih- dengan
pakar manusia di bidang tertentu. Sistem pakar mengenai bauran pemasaran 7P
dirasa penting dibagun, karena dapat menjadi dasar untuk membangun strategistrategi
pasar lainnya. Oleh karena itu, sistem pakar bauran pemasaran ini
menawarkan macam macam solusi dan saran yang krusial mengenai
permasalahan dalam bauran pemasaran 7P.
Perancangan ini merupakan pengembangan sistem pakar bauran pemasaran
peneliti sebelumnya. Untuk merancang sistem pakar ini, dilewati 5 tahap besar
yaitu pendahuluan, pembelajaran, perancangan sistem, pengembangan sistem dan
analisis hasil, dan tahap kesimpulan dan saran. Karena merupakan hasil
pengembangan, maka sistem pakar bauran pemasaran 7P ini akan banyak
berpedoman pada sistem pakar bauran pemasaran 4P baik dari cara pengambilan
keputusan hingga pemecahan masalah yang akan diberikan.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mampu mengembangkan sistem pakar
sebelumnya, Siti Mardhiya S (2009) yang telah merancang sistem pakar dengan 3
inti pokok yaitu sistem pakar yang berbasis web, dapat digunakan oleh 2
pengguna yang bertindak sebagai admin dan member, dan sistem pakar bersifat
dinamis yaitu dapat dilakukan modifikasi isi saat isi sistem pakar yang di
dalamnya sudah tidak sesuai dengan jaman. Sistem pakar, bauran pemasaran 7P, manajemen pemasaran.