Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem transportasi dengan mengoptimalkan rute yang dituju berdasarkan waktu tempuh, kapasitas angkut kendaraan, time window, dan TBS yang tersedia di PTPN I menggunakan pendekatan Algoritma Genetika. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time window, data waktu pelayanan afdeling dan PKS, data jarak tempuh, data kecepatan kendaraan, data kapasitas kendaraan, data biaya transportasi, data TBS tersedia, dan data rute eksisting pada bulan Mei 2010.
Pencarian ruang solusi diawali dengan membangkitkan seluruh node yang memiliki permintaan menggunakan mekanisme sequential insertion. Setelah itu dilakukan evaluasi nilai fitness dengan fungsi tujuan minimasi jumlah kendaraan, total duration time, dan range of duration time. 50% individu dengan fitness terkecil dari populasi akan menjadi generasi berikutnya. Sedangkan 30% nya masuk ke mekanisme crossover dengan metode roullette wheel dan 20% nya masuk ke mutasi. Populasi tersebut akan terus diiterasi hingga mencapai maksimum generasi. Proses ini terus berlangsung hingga 5 kali pengulangan dengan permintaan yang sama. Dari 5 kali pengujian tersebut diambil satu solusi terbaik yang dapat menghasilkan ongkos total minimum, total duration time minimum, dan range of duration time minimum.
Keluaran dari komputasi Algoritma Genetika adalah rute yang dapat menghasilkan jumlah kendaraan, total duration time, dan range of duration time minimum. Dari hasil komputasi Algoritma Genetika yang dilakukan untuk memenuhi permintaan sebulan, hasil komputasi AG dapat menghemat ongkos total sebesar Rp5.513.125,00, total duration time sebesar 32 jam 48 menit, range of duration time sebesar 21 jam 19 menit, dan meniadakan keterlambatan pengantaran TBS. Transportasi, Vechicle Routing Problem, Algoritma Genetika