perancangan prosedur perbaikan proses layanan kalibrasi berbasis sistem manajemen mutu ISO 9001:2008

dita miranti

Informasi Dasar

69 kali
112061029
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Divisi Pendukung atau Divisi Support disebut juga Non Core Business Unit bertugas dan bertanggung jawab mendukung bisnis yang dijalankan. Maintenance Service Center (MSC) pada PT Telkom, merupakan salah satu divisi yang termasuk ke dalam divisi pendukung yang bertugas dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perbaikan perangkat telekomunikasi sehingga dapat menjamin kelancaran operasional alat produksi. Layanan kalibrasi merupakan salah satu bisnis pendukung yang ditawarkan oleh MSC area III PT Telkom yang berfokus pada proses kalibrasi alat ukur untuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Pada proses kalibrasi, MSC area III memiliki target dalam pelaksanaan layanan kalibrasi, namun untuk melakukan pelaksanaan layanan kalibrasi dengan baik, memiliki target saja tidak cukup. MSC area III harus melakukan evaluasi kinerja terhadap proses existing untuk mengetahui tercapainya target yang ditentukan. Saat ini, MSC area III belum melakukan proses evaluasi kinerja sehingga tercapainya target dalam pelaksanaan pelayanan belum dapat diketahui, di sisi lain sebagai perusahaan besar, PT Telkom menginginkan setiap layanan yang diberikan sudah memiliki standar mutu. Standar mutu yang saat ini menjadi acuan dari PT Telkom adalah ISO 9001:2000.

Pada penelitian ini dilakukan dua buah proses identifikasi gap, yaitu: Gap I, merupakan gap antara proses existing dengan kinerja perusahaan dan Gap II, merupakan gap antara proses existing dengan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Berdasarkan kedua gap tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan prosedur perbaikan proses layanan kalibrasi, adapun klausul yang digunakan pada perancangan prosedur adalah klausul 5.2, klausul 7.2.1, klausul 7.2.2, klausul 7.2.3, klausul 7.2.4.5, klausul 7.5.5, klausul 7.6, dan klausul 8.4. Beberapa klausul dipilih berdasarkan keterkaitan prosedur existing dengan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini memberikan 10 rancangan prosedur perbaikan, dua form tambahan, dan rekomendasi implementasi yang dibutuhkan oleh perusahaan agar prosedur usulan dapat berjalan dengan baik. Layanan Kalibrasi, Prosedur, ISO 9001:2008

Subjek

SERVICE MANAGEMENT
 

Katalog

perancangan prosedur perbaikan proses layanan kalibrasi berbasis sistem manajemen mutu ISO 9001:2008
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

dita miranti
Perorangan
wiyono Ir., MT.; Sri Widaningrum Ir., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini