Globalisasi menyebabkan teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat. Alat komunikasi dengan
teknologi informasi yang canggih semakin banyak di pasaran, salah satunya adalah smartphone. Kehadiran
smartphone tidak lagi semata-mata berfungsi sebagai alat komunikasi yang mendukung dalam bekerja, tetapi telah
merambah ke gaya hidup. Jumlah pengguna smartphone senantiasa meningkat setiap tahunnya. Smartphone dengan
penjualan terbanyak di Indonesia adalah Blackberry. Namun, penjualan Blackberry di dunia kini mulai mengalami
penururan, dan bahkan mulai tersaingi oleh smartphone dengan platform Android dan iPhone. Untuk menghindari
hal tersebut di pasar Indonesia, maka perlu dilakukan penelitian terhadap gaya hidup pengguna Blackberry untuk
menganalisis karakteristik pengguna, sehingga dapat menentukan kebutuhan fitur pengguna Blackberry.
Untuk menganalisis karakteristik pengguna Blackberry, digunakan segmentasi psikografi dengan model pendekatan
VALS 2. VALS 2 memiliki 2 dimensi utama, yaitu resources dan self-orientation. Untuk mendapatkan data,
dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak 262 kuesioner kepada pengguna Blakberry, tetapi hanya 250 kuesioner
yang layak diolah. Setelah data diolah, didapatkan 24 tipologi pengguna Blackberry yang terdiri dari tipe primer dan
tipe sekunder. Dari tipologi ini kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi kebutuhan fitur pengguna Blackberry.
Dari analisis, dihasilkan kebutuhan fitur pengguna Blackberry. Fitur-fitur tersebut adalah internet browsing, social
network, instant messaging, multimedia, dan application store. Setelah mengidentifikasi kebutuhan, selanjutnya
dilakukan rekomendasi pengembangan fitur-fitur tersebut. VALS 2, Segmentasi Psikografis, Gaya hidup