PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan
jas pos. Dimana di era globalisasi, PT. Pos Indonesia harus mampu bersaing
mengahadapi kompetitor-kompetitor lainnya seperti TIKI, JNE, FeedEx, dll untuk
mengejar posisi yang lebih unggul di mata para konsumen. Untuk dapat
mempertahankan konsistensinya baik dikalangan Nasional maupun Internasional, PT.
Pos Indonesia harus memiliki strategi bersaing sebagai fondasi dalam bersaing.
Adapun strategi bersaing yang akan dipilih oleh PT. Pos Indonesia harus didukung
oleh sumber daya manusia yang memiliki role behavior yang sesuai untuk dapat
menjalankan strategi bersaing tersebut. Untuk mendapatkan sumber daya manusia
yang memiliki role behavior yang sesuai dengan strategi bersaing diperlukan peran
manajemen sumber daya manusia dalam mengolah dan membentuk perilaku, sikap
sumber daya manusia yang sesuai.
Pada penelitian ini akan dilakukan pengukuran mengenai kesesuaian antara
peran manajemen sumber daya manusia PT. Pos Indonesia dengan peran manajemen
sumber daya manusia menurut kriteria Schuler dengan mengimplementasikan strategi
bersaing yang akan dipilih oleh perusahaan yang mengacu pada strategi bersaing
Porter agar dapat memperoleh dan membentuk role behavior karyawan yang
dibutuhkan dalam menjalankan strategi bersaing tersebut. Dengan adanya pengukuran
tersebut diharapkan akan menjadi alat bantu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja
yang menjadi bahan evaluasi dan perbaikan bagi peran manajemen sumber daya
manusia yang nantinya akan mampu memberikan kontribusi secara langsung terhadap
implementasi startegi bersaing pada PT. Pos Indonesia. strategi bersaing, Manajemen SDM, Role Behavior, Schuler,Porter