Perkembangan teknologi informasi saat ini menjadi salah satu faktor yang mendorong peningkatan jumlah
pengguna internet di Indonesia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi, PT TELKOM yang
menawarkan Speedy sebagai produk berupa layanan akses internet berkualitas tinggi, juga menghadapi kompetitorkompetitor
lain yang bergerak dibidang yang sama. Dengan banyaknya kompetitor yang harus dihadapi, PT TELKOM
harus bergerak secara agresif untuk meningkatkan minat beli konsumen dalam rangka meningkatkan pertumbuhan
pelanggan. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh PT TELKOM yaitu periklanan melalui media televisi. Namun,
ketatnya persaingan antar kompetitor membuat PT TELKOM perlu melakukan evaluasi terhadap iklan Speedy yang
ditayangkan di televisi. Evaluasi ini dilakukan dengan melihat pengaruh penayangan iklan Speedy terhadap minat beli
audience.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk membandingkan minat beli antara audience yang melihat
tayangan iklan Speedy dengan audience yang tidak melihat iklan Speedy. Penelitian ini menggunakan Hierarchy of
Effect Model dalam mengukur efek iklan, serta metode yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan rancangan Post-
Test Only Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dari Yayasan Pendidikan Telkom
yang bukan merupakan pelanggan Speedy dan belum pernah melihat tayangan iklan Speedy. Partisipan kemudian
dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan treatment berupa penayangan iklan Speedy
dan kelompok kontrol yang tidak diberikan penayangan iklan Speedy, melainkan diberi placebo control berupa
penayangan iklan produk lain.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penayangan iklan Speedy ternyata dapat menimbulkan minat beli
audience. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan nilai rata-rata minat beli kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol. Partisipan dalam kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai
rata-rata partisipan pada kelompok kontrol. Oleh karena itu, sebaiknya PT TELKOM tetap menayangkan iklan Speedy
di media televisi karena iklan televisi Speedy memiliki pengaruh terhadap minat beli audience. Selain itu, PT TELKOM
juga perlu memperhatikan waktu penayangan serta frekuensi penayangan iklan Speedy di televisi.
Iklan, Hierarchy of Effect Model, Quasi Experiment, Post-Test Only Control Group Design, minat