Alumni merupakan salah satu stakeholder terpenting di perguruan tinggi, alumni akan memberikan banyak pengaruh terhadap institusinya antara lain sukses tidaknya alumni merupakan cerminan dari institusi, alumni dapat memberikan kontribusi materiil maupun imateril kepada institusi. Jika institusi dapat mengelolanya dengan baik maka peran alumni dapat dirasakan dengan signifikan bagi institusi.
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan keterikatan antara alumni Institut Teknologi Telkom dengan perguruan tingginya dengan cara meningkatkan keterikatan antara mahasiswa dengan dosen pembimbing Tugas Akhir pada Fakultas Rekayasa Industri. Bimbingan tugas akhir dipilih karena didalam proses tersebut terdapat relasi individual, dimana relasi yang buruk dengan pembimbing sering diungkapkan sebagai sumber ketidakpuasan mahasiswa. Dalam upaya meningkatkan keterikatan mahasiswa IT Telkom digunakan metodologi kualitatif deskriptif terhadap mahasiswa yang sedang menjalankan Tugas Akhir berdasarkan teori keterikatan alumni oleh Dr. Flynn.
Keterikatan alumni dipengaruhi langsung oleh pengalaman mahasiswa selama berkuliah. Variabel paling penting untuk alumni tentang pengalaman ketika mereka menjadi mahasiswa adalah Quality of Education, Focus on Students , dan Sense of Belonging. Dengan adanya keterikatan antara mahasiswa dan dosen pembimbingnya dapat dipergunakan oleh CDC IT Telkom sebagai unit khusus yang menangani alumni IT Telkom.
Hasil rekomendasi program keterikatan antara mahasiswa dan dosen pembimbing Tugas Akhir ditujukan untuk bagian akademik IT Telkom yang keanggotaan didalamnya merupakan objek dari penelitian tugas akhir ini yaitu mahasiswa IT Telkom. Alumni IT Telkom, Loyalitas, Keterikatan Alumni, Quality of Education, Focus on Student, Sense of Belonging.