Dunia telah memasuki era ekonomi baru yang dikenal dengan istilah knowledge economy.
Pada era knowledge economy ini, intensitas kompetisi diantara perusahaan semakin
meningkat dan sangat ketat. Untuk menghadapi persaingan tersebut diperlukan inovasi
dari aktivitas knowledge management yang dilaksanakan oleh perusahaan. Communities
of practices merupakan bentuk knowledge management yang diterapkan pada
perusahaan, salah satu perusahaan tersebut adalah PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Kegiatan communities of practices yang telah dilaksanakan oleh PT. Telekomunikasi
Indonesia, Tbk tidak memiliki ukuran atau indikator pengukuran. Untuk mengetahui
ukuran dari kegiatan communities of practices maka dilakukan perancangan indikator
terhadap aktivitas communities of practices yang telah dilaksanakan PT.Telekomunikasi
Indonesia, Tbk. Perancangan indikator dan formulasi yang dilakukan menggunakan
dimensi employee training, reward system, knowledge collecting, dan knowledge
donating. Perancangan indikator dan formulasi menggunakan metode SECI yang terdiri
dari empat tahap, yaitu Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization.
Berdasarkan tahapan yang dilakukan dengan menggunakan metode SECI maka diperoleh
10 indikator dan formulasi untuk mendukung 10 indikator tersebut.
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam proses pengukuran communities of practices
yang telah dilakukan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk ditinjau dari dimensi
employee training, reward system, knowledge collecting, dan knowledge donating.
Diharapkan indikator pengukuran ini dapat digunakan secara rutin oleh PT.
Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan penelitian
terhadap dimensi yang berbeda terhadap aktivitas communities of practices yang
dilaksanakan. knowledge management, knowledge sharing, SECI, communities of