Capacitated Location Routing Problem (CLRP) merupakan bagian dari Location Routing Problem (LRP). LRP merupakan bagian dari permasalahan logistik yaitu pemilihan lokasi depot dan penentuan rute depot. Capacitated Location Routing Problem (CLRP) susah diselesaikan karena termasuk dalam permasalahan NP-Hard yaitu permasalahan lokasi fasillitas dan permasalahan perutean kendaraan (Garey and Johnson, 1979). Pada CLRP, keputusan pengalokasian lokasi akan mempengaruhi cost dari rute kendaraan dan aritektur dari rute kendaraan akan memberi efek pada lokasi depot dan alokasi konsumen. Pada kehidupan sehari-hari. CLRP biasanya diterapkan pada masalah pendistribusian barang pada tahapan Supply Chain Management, misalnya pendistribusian produk kimia dan obat-obatan, pendistribusian produk minuman ringan, pendistribusian makanan, pendistribusian minyak tanah/bensin, pendistribusian mesin dan pendistribusian produk gas industri, dan lain-lain. Permasalahan. CLRP merupakan masalah kombinatorial yang memerlukan komputasi yang lama untuk mencari solusi optimal. Penyelesaian permasalahan CLRP ini bisa dilakukan dengan cara melakukan perutean jarak minimum konsumen dengan Self-Organizing Feature Map (SOFM) kemudian melakukan location-allocation berdasarkan constraint yang ada.
Pengujian yang dilakukan adalah mencari solusi yang mendekati hasil dari Best Known Solution data Prins dengan menggunakan algoritma Self-Organizing Feature Map. Hasil dari pengujian adalah gap yang dicapai sekitar 20-40. Sumber data set yaitu Prins et.al yang memiliki karakteristik kapasitas terhadap kendaraan dan depot yang diambil dari website: http://prodhonc.free.fr/Instances/instances_us.htm. Self-Organizing Feature Map (SOM), Capacitated Location Routing Problem (CLRP), distribusi, location routing problem, supply chain management