Knowledge Management System (KMS) merupakan suatu alat bantu yang dapat mendukung proses knowledge management di suatu organisasi berjalan dengan baik dan lancar. HMTI IT Telkom adalah suatu organisasi yang sangat dinamis dalam pertumbuhannya, salah satunya karena siklus pergantian pengurus yang cukup cepat yaitu periode 1 (satu) tahun untuk satu kepengurusan. Dalam upaya mengoptimalkan kinerja organisasi serta knowledge dapat tersampaikan dengan tepat ke seluruh pengurus HMTI IT Telkom, perlu diimplementasikan KMS di internal kepengurusan. Implementasi KMS di HMTI IT Telkom juga dapat mendukung suksesnya proses learning organization.
Pengembangan KMS ini menggunakan metode waterfall serta sistem berbasis website yang memiliki aksesibilitas tinggi. Dalam metode waterfall, pengembangan KMS di HMTI IT Telkom akan melalui tahapan requirements, analisis, desain, coding, dan testing serta menggunakan framework CodeIgniter sehingga memudahkan pengembangan lebih lanjut terhadap KMS ini.
Hasil dari penelitian ini berwujud ke dalam suatu Knowledge Management System yang memiliki fungsionalitas untuk mendukung pengelolaan pengetahuan di HMTI IT Telkom. Pengelolaan Program Kerja adalah salah satu fungsi utama yang tersedia. Proses penambahan, pembaharuan data, dan penyimpanan histori Program Kerja mendukung proses transfer knowledge dari tahun ke tahun dalam pelaksanaan Program Kerja. Selain itu, KMS HMTI IT Telkom mampu memberikan fungsi suggestion yang dapat mempermudah penyusunan Program Kerja untuk era berikutnya.
KMS HMTI IT Telkom memiliki potensi pengembangan untuk menunjang integrasi sistem informasi antara entitas yang terdapat di Fakultas Rekayasa Industri. Potensi penelitian lebih lanjut terdapat pengembangan Knowledge Management System di HMTI IT Telkom. Knowledge Management System (KMS), Learning Organization, HMTI IT Telkom