Metode pembelajaran yang dipakai di perguruan tinggi pada umumnya masih
menggunakan metode konvensional yang mengharuskan mahasiswa untuk datang
ke kelas, mendengarkan dosen menyampaikan materi kuliah dan mengerjakan tugas
yang diberikan oleh dosen. Metode ini dapat membuat mahasiswa malas untuk
masuk kuliah, dan rasa takut untuk bertanya. Ketika hal itu terjadi maka target dari
pembelajaran tidak akan tercapai, dikarenakan dari beberapa faktor diantaranya,
metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat, faktor dosen, atau penyampaian
materi kuliah yang kurang menarik dan membosankan. Proses pembelajaran dengan
menggunakan internet yang sering disebut dengan e-learning ini memudahkan
untuk belajar tanpa harus berhadapan langsung dan bebas tanpa terikat dengan
waktu dan tempat.
Salah satu Keprofesian yang melakukan pelatihan tentang pemograman java adalah
e-Business Application Development dan Spring Framework merupakan salah satu
materi yang disampaikan di keprofesian ini. Namun, berdasarkan data survei
pendahuluan yang dilakukan terhadap 30 responden mahasiswa Keprofesian
diperoleh informasi bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami
materi Java Spring Framework ini. Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan
pembangunan software pembelajaran multimedia interaktif materi Java Spring
Framework, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi
tentang Java Spring framework. Metode yang digunakan untuk
mengembangkannya dengan menggunakan ADDIE Instructional Desgin Model.
Metode ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis,Design, Development,
Impkementation, Evaluation.
Obyek kajian dalam penelitian ini, adalah materi Spring Framework di antaranya
spring core, spring AOP, Spring DAO, Spring Web, dan spring MVC. Setiap bab
terdapat materi, video tutorial, dan kuis.
e-learning, software Multimedia Pembelajaran, Spring Framework,