Iklan online merupakan bentuk iklan yang didistribusikan melalui jaringan Internet dan tampil pada website. Bagi pemilik website, iklan online banyak diandalkan untuk menghasilkan pendapatan. Perkembangan teknologi Internet yang makin pesat membuat jumlah pasar yang dapat dicapai oleh iklan online semakin besar.
Untuk dapat mengelola iklan yang tampil di website, membutuhkan alat bantu berupa aplikasi. Keberadaan aplikasi dapat mempermudah pemilik website untuk mengelola dan mengotomasi proses-proses yang terkait dengan iklan. Namun tidak semua website mengimplementasikan aplikasi ini. Teknimo adalah salah satu website yang belum mengimplementasikan aplikasi manajemen iklan untuk mengelola iklan. Ketika ada iklan yang ingin ditampilkan, maka pengelolaan iklan akan dilakukan secara manual. Proses manual ini menyebabkan bisnis tidak optimal dan banyak proses-proses yang seharusnya dapat di otomasi.
Karena itu dibutuhkan analisis model bisnis dan proses bisnis, serta pengembangan aplikasi manajemen iklan agar iklan untuk website Teknimo lebih mudah untuk dikelola. Pengembangan aplikasi manajemen iklan ini menggunakan metode iterative dan incremental. Sebagai alat bantu pengembangan, digunakan sebuah web framework yang bernama Play.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan model bisnis, proses bisnis dan aplikasi manajemen iklan yang memiliki fungsionalitas yang mendukung proses pengelolaan iklan. Proses pengelolaan iklan ini meliputi manajemen iklan, manajemen zona dan manajemen pengguna. Selain itu dikembangkan juga fungsionalitas untuk menampilkan iklan ke website, mencatat, menghitung biaya dan melaporkan kepada pemilik website dan pengiklan.
Iklan online, Aplikasi Manajemen Iklan, website, iterative dan incremental, framework Play