Kemudahan akses internet era ini dimanfaatkan untuk menciptakan pengembangan layanan di segala bidang. Di bidang pendidikan, kini mulai dikembangkan layanan online perpustakaan (e-library) yang keberadaannya di Indonesia diterapkan pertama kali pada layanan perpustakaan perguruan tinggi pada tahun 1990. Telkom Economics and Business School merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang menerapkan e-library. Penelitian pendahulu menunjukkan terdapat kekurangan pada layanan batik.imtelkom.ac.id yang menyebabkan adanya ketidakpuasan pengguna terhadap layanan online ini.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan elektronik dan kepuasan pengguna layanan online batik.imtelkom.ac.id, juga seberapa besar kualitas layanan elektronik (electronic service quality) layanan online batik.imtelkom.ac.id berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode inferensial dan causal. Statistika inferensial digunakan untuk mengetahui bagaimana keadaan masing-masing variabel, sementara causal digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara kedua variabel tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah inferensial dan regresi linier sederhana. Sampel penelitian ini berjumlah 340 orang yang dipilih menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampling kuota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan elektronik batik.imtelkom.ac.id pada periode Juli-September 2013 termasuk dalam kategori baik, yakni pada persentase 73,3 % dan kepuasan pengguna layanan online batik.imtelkom.ac.id pada periode Juli-September 2013 tergolong baik karena berada pada kategori Tinggi dengan persentase sebesar 75%. Berdasarkan analisis regresi sederhana, kualitas layanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan online batik.imtelkom.ac.id sebesar 44% sedangkan sisanya sebesar 56% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.