Pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahun. Pemanfaatan internet oleh para penggunanya juga semakin luas, salah satunya adalah untuk transaksi jual-beli. Dengan potensi ekonomi digital yang terus tumbuh, pemerintah haruslah cepat membuat program untuk pemanfaatan pertumbuhan ekonomi digital. Agar dapat bermanfaat bagi perekonomian dalam negeri terutama UMKM, sebanyak 8 ribu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ditargetkan “Go Online” guna menyongsong ekonomi digital. Namun mengingat setiap UMKM memliki karakteristik yang berbeda dalam setiap produk dan penjualannya, belum ada layanan web yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini akan menganalisis proses bisnis UMKM yang sedang berjalan dan membuat rekomendasi sistem penjualan yang cocok dengan kebutuhan karakteristik UMKM menggunakan metode System Development Life Cycle dengan tools flowmap diagram, context diagram, data flow diagram, dan entity relationship diagram. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa hasil wawancara terhadap informan dari UMKM Sentra Kaos Suci Bandung. Serta data sekunder berupa buku-buku, artikel, penelitian terdahulu, dan jurnal referensi yang terkait pada masalah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, UMKM Sentra Kaos Suci Bandung belum semuanya melakukan penjualan via online, karena keterbatasan kemampuan dan belum ada layanan yang memenuhi kebutuhan karakteristik UMKM. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi sistem penjualan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM serta merancang prototype web menggunakan open source e-commerce yaitu wordpress.