Pengaruh pendidikan kewirausahaan selama ini telah dipertimbangkan sebagai salah satu faktor penting untuk menumbuhkan dan mengembangkan hasrat , jiwa, dan perilaku berwirausaha di kalangan generasi muda. Terkait dengan pengaruh pendidikan kewirausahaan tersebut, diperlukan adanya pemahaman tentang bagaimana mengembangkan dan mendorong lahirnya wirausaha-wirausaha muda yang potensial sementara mereka berada di bangku perkuliahan.
Pada penelitian ini didapat tentang hubungan motivasi terhadap minat mahasiswa Administrasi Bisnis Telkom University untuk berwirausaha. Dengan hipotesis diduga ada pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Administrasi Bisnis Telkom University.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana data didapatkan dari kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitan ini adalah sampling insidental. Kuesioner dibagikan kepada 94 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis linier sederhana.
Berdasarkan hasil uji hipotesis secara keseluruhan motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadapminat berwirausaha mahasiswa Administrasi Bisnis Telkom University. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung> ttabel, yaitu 6,105>1,661. Berdasarkan koefisien determinasi motivasi berpengaruh sebesar 28,8% terhadap minat berwirausaha, dan sisanya 71,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.