Kinerja merupakan kunci keberlangsungan keberadaan suatu perusahaan, hal ini dikarenakan kinerja menunjukkan perbandingan antara hasil kegiatan (output) dan seluruh pengorbanan (biaya). Karyawan diharapkan dapat bekerja dengan baik apabila memiliki motivasi kerja yang tinggi dan kompetensi yang memadai, diharapkan karyawan dapat menghasilkan kinerja sesuai target yang telah ditetapkan perusahaan. Dengan pencapaian kinerja yang tinggi yang dihasilkan setiap karyawan, diharapkan tujuan perusahaan ataupun organisasi dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Telkom Direktorat Human Capital Management sesuai dengan tuntutan dan perubahan bisnis untuk mewujudkan Visi Telkom yakni To Be The King of Digital dan Misi Telkom yakni Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization, untuk menuju Top 10 Market Capitalization Telco in Asia-Pasific by 2020.
Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis jalur dengan menggunakan software SPSS for windows versi 23. Unit analisis penelitian ini adalah sampel keseluruhan sebanyak 53 Karyawan Telkom Direktorat Human Capital Management. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang berisi 30 pernyataan terkait Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Telkom Direktorat Human Capital Management.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai persentase variabel Motivasi masuk dalam kategori tinggi, di mana nilai variabel vigor sebesar 75,86%, variabel dedication sebesar 77%, variabel Kompetensi masuk kategori sangat tinggi dengan prosentase sebesar 84%, dan nilai persentase kinerja karyawan juga masuk dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 83%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa secara parsial Motivasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan dan Kompetensi berpengaruh signifikan dengan pengaruh langsung sebesar 64%.
Kata kunci: motivasi, kompetensi, kinerja karyawan.